Senin, 31 Maret 2014

0 Habibi Adalah Putra Kebanggaan Bangsa Indonesia

Bacharudin Jusuf Habibi, siapakah yang tak kenal dengan beliau? Beliau adalah penggebrak teknologi di Indonesia khususnya dalam teknologi penerbangan.

Bacharudin Jusuf Habibi

Semua yang beliau lakukan didedikasikan untuk kemajuan Indonesia. Membawa Indonesia dan membuktikan bahwa Indonesia tidak kalah dengan Negara maju seperti Jerman, Amerika, dan lain-lain. Salah satu bukti nyata adalah dengan diciptakannya pesawat N250. Pesawat N250 ini asli buatan anak bangsa. Dan dengan pesawat N250 ini kita mampu membuktikan kepada bangsa ini sendiri dan kepada dunia bahwa Indonesia bisa!. Disini saya akan membahas prestasi dari kejeniusan B.J. Habibi yang saya kumpulkan dari beberapa sumber, diantaranya :

1. Pemegang 46 hak paten di bidang teknologi penerbangan.
2. Pemegang jabatan yang tinggi di Jerman yaitu Vice President dan Senior Advicer di perusahaan Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB) di Jerman.
3.Beliaulah satu-satunya orang asia yang berhasil menduduki jabatan nomor dua di perusahaan MBB di Jerman.
4.Saat bekerja di MBB, Habibie telah menyumbang beberapa teori dan hasil penelitian untuk ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang Thermodinamika, Konstruksi dan Aerodinamika. Rumusan teorinya yang dikenal dalam ilmu pesawat terbang diantaranya adalah “Habibie Factor“, “Habibie Theorem” dan “Habibie Method“.
5.Setelah berpulang ke tanah air, beliau diangkat menjadi penasihat pemerintah di bidang teknologi pesawat terbang dan teknologi tinggi hingga tahun 1978.
6.Sejak tahun 1978 hingga 1997 beliau diangkat menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi (MENRISTEK) sekaligus memegang jabatannya sebagai Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan beliau juga menjadi Ketua Dewan Riset Nasional.
7.Pada tanggal 26 April 1976, Habibie mendirikan PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio (Nurtanio adalah Bapak Perintis Industri Pesawat Indonesia) dan menjadi industri pesawat terbang pertama kali di Asia Tenggara. Nama Industri Pesawat Terbang Nurtanio kemudian diganti menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 11 Oktober 1985. Dan pada bulan Agustus 2000 IPTN direstrurisasi menjadi PT. Dirgantara Indonesia (PT. DI). Hal ini juga dilakukan oleh industri besar seperti PT PAL dan PT PINDAD.
8.Pada tanggal 11 Maret 1998, beliau diangkat menjadi Wakil Presiden ke-7
9.Menjabat sebagai Presiden ke-3, menggantikan posisi Soeharto sesuai pasal 8 UUD 1945
10.Berhasil membawa keluar, Negara Kesatuan Republik Indonesia dari krisis ekonomi
11.Dalam semasa jabatannya, Habibi menerbitkan 57 Undang-Undang dan 1 Perpu, ini termasuk prestasi politik yang paling produktif dalam kepemimpinan di Indonesia (sumber : anies baswedan)
12.Sukses melaksanakan pemilu tahun 1999 dengan multi partai (48 partai)
13.Terlibat dalam proyek-proyek desain dan konstruksi pesawat terbang seperti Fokker F 28, Transall C-130 (militer transport), Hansa Jet 320 (jet eksekutif), Air Bus A-300, pesawat transport DO-31 (pesawat dangn teknologi mendarat dan lepas landas secara vertikal), CN-235, CN-250 (pesawat dengan teknologi fly-by-wire). Helikopter BO-105, pesawat tempur multi function, beberapa peluru kendali dan satelit.
14.Selama masa pengabdiannya di Indonesia, Habibie memegang 47 jabatan penting seperti : Direkur Utama (Dirut) PT. Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN), Dirut PT Industri Perkapalan Indonesia (PAL), Dirut PT Industri Senjata Ringan (PINDAD), Kepala Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam, Kepala BPPT, Kepala BPIS, Ketua ICMI, dan masih banyak lagi.
15.Dan B.J. Habibi adalah salah satu orang yang termasuk dalam 10 orang yang memeilik IQ tertinggi di dunia, mengalahkan Albert Einstein dan salah satu dari dua orang pemilik IQ tertinggi yang masih hidup.

Bagaimana? Cukup mencengangkan bukan?. Dan masih banyak lagi prestasi-prestasi yang dihasilkan oleh Habibi. Kita patut berbangga dan bersyukur karena ALLAH SWT telah memberikan insan seperti Bapak B.J. Habibi kepada negara ini. Sekian dari tulisan tentang Bapak Teknologi dari saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Menggunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar..
Jangan Berkomentar Yang Berunsur Sara, Kekerasan, Ataupun Mengundang Pro-Kontra Dan Pertikaian..
Semoga Postingan Saya Bermanfaat..
^_^

 

Suci Anggraini (Suceg's Blog) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates