Rabu, 03 Oktober 2012

4 Menulis Menggunakan Tangan Kiri

Mungkin kebanyakan orang menganggap bahwa menulis menggunakan tangan kiri itu "Tangan Setan" atau "Tangan Terkutuk" dan orang tua kita mengajarkan kita untuk menulis menggunakan tangan kanan..

Namun sebenarnya menulis menggunakan tangan kiri atau yang disebut "Kidal" itu juga sangat penting untuk melatih otak kanan kita. Bahkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuropsychology menunjukkan bahwa orang kidal lebih cepat memproses beberapa rangsangan ketimbang orang yang menggunakan tangan kanan. Hal ini juga membuat orang kidal lebih kreatif.

Apalagi untuk anak TKJ nih yang sering banget nulis makalah sampek tangan kanan kita jadi berotot atau bahasa gaulnya "Ndewo.. !". Mungkin sempat terlintas di fikiran kita kayak gini nih "Enak Ya Kalo Bisa Nulis Pake Kedua Tangan Kita, Kalo Yang Tangan Kanan Kita Capek, Bisa Gantian Sama Tangan Kiri :@ .. ". Ngaku aja deh.. Ane juga pernah kok kefikiran kayak gitu. Hehehe... ^^v

To the point aja deh ya..

Nah bagi kita-kita yang terbiasa menulis dengan tangan kanan kadang heran, kok bisa yah mereka yang kidal menulis dengan lancar dan baik?? Nah ini sekedar berbagi pengetahuan aja kalau agan2 sekalian mau nyoba nulis kidal/ dengan tangan kiri:

1. LATIHAN! Coba di kertas A4 atau kertas oret2an...tulis dengan tangan kiri. Teruslah berlatih sampai terbiasa dan kadang kita ketawa sendiri kalo tau "wah bisa juga gue!!"

2. MULAI GUNAKAN TANGAN KIRI ANDA PADA KESEHARIAN. Misalnya buka keran air, ambil gelas (awas jatoh yah), atau gosok gigi dengan tangan kiri kamu. Awalnya mungkin aneh, tapi lama2 bisa juga kan?

3. COBA PERHATIKAN MEREKA YANG KIDAL. Pelajari dan perhatikan gimana kalau temen2 kita yg kidal nulis. Pasti dapet deh caranya!

4. SERING-SERING NULIS DENGAN TANGAN KIRI LAGI. Coba pinjem atau beli kertas bergaris untuk belajar tulis bagi anak-anak Dengan begini, otak akan mulai terbiasa menggunakan sisi kirinya dalam gerakan menulis Pokoknya terus berlatih!

5. COBA MEWARNAI DENGAN TANGAN KIRI. Dengan begini, kita akan terbiasa dengan gerakan teratur pada tangan kiri kita.

6. SETIAP HARI TULIS ABC DENGAN HURUF KECIL MAUPUN BESAR. Kalau kita pegal coba istirahat sejenak dan goyang2kan tangan kita supaya rileks. Butuh kesabaran dan keuletan agar kita bisa dan terbiasa.

7. COBA BROWSING WEBSITE YANG BERISI TENTANG MENULIS SECARA KIDAL/ TANGAN KIRI. Dari sini ilmu kita akan bertambah dan langsung praktekan apabila sempat.

8. BAWA SENANG AJA.
Kalo terlalu diseriusin dan kadang ga bisa, malah bikin bete dan bawaanya pengen nyerah Kadang2 harus dibawa fun aja, toh ini ga bikin rugi kan??

Secara ilmiah ini ga ada ruginya dan malah bawa rasa empati bagi mereka yang memang beneran kidal. Siapa tau berguna kalo lagi ngangkat telepon dan perlu nulis sesuatu tanpa beribet Tangan kiri? SIAPA TAKUT! ! 

Semoga Berhasil ^_^

4 komentar:

  1. sip gan, udh mulai terbiasa, tpi tulisan blm rapi :D
    comment back maskedx.blogspot.com

    BalasHapus
  2. saya bisa menulis pakai tangan kiri dan kanan dengan sama lancarnya, dan hampir sama bagusnya. Saya aslinya memakai tangan kanan, dan bisa memakai tangan kiri sudah berlangsung 12 thn.
    Saran saya, tidak perlu memaksakan memakai tangan kiri untuk menulis. Kita melatih otak kanan tetap memakai tangan kanan, namun lebih bersifat kegiatan yang mempunyai seni, misal puisi, musik, dll.
    Karena setelah sekian tahun, saya menyesali telah melatih tangan kiri saya. Apa akibatnya terhadap saya setelah sekian tahun? terlalu panjang saya jelaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan buat masukannya..
      :D

      jgn trlalu menyesal karna tlah melatih tngan kiri agan..
      karna d blik itu jga ada manfaat ny kn..

      Hapus

Berkomentarlah Menggunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar..
Jangan Berkomentar Yang Berunsur Sara, Kekerasan, Ataupun Mengundang Pro-Kontra Dan Pertikaian..
Semoga Postingan Saya Bermanfaat..
^_^

 

Suci Anggraini (Suceg's Blog) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates